Mon. Aug 8th, 2022

Lebaran akan datang tidak lama lagi. Bagi masyarakat yang hendak mudik, diimbau untuk melaksanakan vaksinasi minimal dua dosis agar mudik senantiasa aman dan nyaman. Selain mudik, waktu libur lebaran bisa pula dihabiskan dengan mengunjungi tempat wisata indah #DiIndonesiaAja, salah satunya adalah kawasan Bromo Tengger Semeru.

Mau tahu wisata alam memesona lainnya di Indonesia? Follow Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia.

Sebagai daerah vulkanik terbesar di provinsi Jawa Timur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki wilayah seluas 800 km persegi. Destinasi pariwisata yang satu ini sangat cocok bagi wisatawan yang tertarik pada aktivitas vulkanik. Sebab, masyarakat dapat menyaksikan asap dan abu secara langsung yang berasal dari Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga merupakan kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir seluas 10 km yang disebut Tengger, di mana terdapat empat anak gunung berapi baru yakni Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Watangan (2.661 m), dan Gunung Widodaren (2.650 m).

Namun, dari deretan gunung tersebut, hanya Gunung Bromo lah satu-satunya yang masih aktif. Masyarakat yang ingin menuju ke sana akan menemukan dataran terjal yang terbelah oleh lembah dan dihiasi dengan danau-danau yang indah hingga mencapai kaki Gunung Semeru.

Secara singkat, berikut tempat-tempat di sekitar Kawasan Wisata Bromo yang bisa kamu jadikan rekomendasi liburan saat lebaran.

1. Semeru

Salah satu gunung berapi yang masih dikenal aktif di Jawa Timur yakni Gunung Semeru. Puncaknya berada pada ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut, sehingga menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Pemandangan sungguh memesona, terlebih keindahan dari Ranu Kumbolo yang berada di tengah-tengah jalur pendakian. Meski butuh perjuangan yang tak main-main, Gunung Semeru selalu jadi tujuan favorit para pendaki.

Jalur paling populer dan yang paling mudah menuju Semeru adalah melalui Probolinggo, terutama bagi wisatawan yang menggunakan moda transportasi umum bus. Rute Wonokitri adalah rute terdekat dan termudah jika berangkat menggunakan kendaraan pribadi dari arah Surabaya berkisar 5 jam perjalanan. Begitu tiba di daerah pedesaan tersebut, wisatawan harus menyewa kendaraan 4×4 untuk memasuki jalur terjal menuju ke Gunung Bromo.

Sebagian besar wisatawan yang berangkat dari Surabaya menginap di sejumlah hotel di Tretes. Selain pilihan hotelnya cukup banyak, tempat ini juga dekat dengan bandara. Sebagai opsi lain, wisatawan juga dapat menghubungi agen perjalanan untuk mengatur rencana perjalanan wisata.

2. Lautan pasir Bromo

Mengunjungi kawah Bromo, mata wisatawan pasti tidak akan bisa lepas dari lautan pasir yang luas. Lautan Pasir Bromo menjadi spot yang wajib dijelajahi sebelum bisa melihat keindahan kawah Bromo.

Saat ini sudah banyak fasilitas transportasi yang membantu meringankan perjalanan anda mengarungi lautan pasir Bromo, seperti mobil jeep, kuda, maupun ojek motor yang siap mengatar wisatawan.

Namun bagi beberapa wisatawan yang ingin merasakan nikmatnya berjalan mengarungi laut pasir, kamu bisa tetap memilih berjalan kaki agar bisa lebih merasakan atmosfer Bromo yang unik, cantik, dan sulit dilupakan.

Lautan Pasir Bromo, biasanya di gunakan sebagai tempat istirahat sejenak bagi wistawan yang akan mendaki kawah Bromo, di lokasi antara Pura Poten dan tangga menuju Bromo tersedia beberapa warung yang menyediakan kopi, susu, snack, hingga mie instan. Ada pula toilet dan tempat parkir kendaraan roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda empat tempat parkirnya agak jauh, yakni sekitar 1,5 km dari Pura Poten.

Bagi wisatawan yang ingin pergi ke sini, sebaiknya usahakan sampai sebelum hari gelap agar tidak tersesat, pastikan tubuh sedang fit dan kenakan pakaian tebal karena udara di sini sangat dingin.

Kenakan sepatu gunung yang nyaman, berjalan di laut pasir akan terasa ringan jika anda menggunakan alas kaki yang tepat. Untuk menghindari serbuan pasir saat angin bertiup kenakan masker dan kacamata. Jangan lupa pula minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.

3. Bukit Teletubbies

Nama bukit teletubbies Bromo mungkin sudah tidak asing lagi, bahkan menjadi tempat favorit bagi sebagian wisatawan. Selain bisa menikmati kecantikan gunung Bromo dengan deretan bukit hijau, area ini juga menjadi spot foto terbaik.

Bukit teletubbies dipenuhi dengan rerumputan hijau yang sangat cantik dan terjaga sehingga nampak begitu rapi. Jadi, saat berkunjung ke kawasan Bromo Tengger, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini.

Untuk mencapai bukit Teletubbies, banyak turis yang memilih untuk berjalan kaki dari wilayah Taman Nasional. Terdapat pula jalur yang telah ditandai untuk memudahkan wisatawan yang melintasi lautan pasir menuju ke kaki Gunung Bromo.

Kawasan Wisata Bromo memang menjadi salah satu destinasi libur lebaran terbaik, apalagi bagi masyarakat yang mudik ke wilayah Jawa Timur. Meski mudik dan wisata sudah diperbolehkan, namun masyarakat tetap diimbau untuk melakukan vaksinasi dan tetap mematuhi protokol kesehatan demi keamanan dan kenyamanan perjalanan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan bahwa pergerakan masyarakat pada saat libur lebaran tahun ini diprediksi mencapai 85,5 juta orang. Karenanya, ia mendorong para pemangku kepentingan untuk menggaungkan pesan mudik aman dan sehat ini secara lebih masif, tak lupa protokol kesehatan yang tetap harus diterapkan secara ketat.

“Kita harus betul-betul mempersiapkan yang berkendara harus dalam kondisi prima, juga tidak mengantuk, istirahat yang cukup, juga dipastikan CHSE-nya, agar kita dapat menyukseskan program pemerintah agar dapat mudik dan aman,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4/22).

By Marisa